Pada pengerjaan tugas akhir ini akan dipelajari bagaimana merancang dan membangun aplikasi client – server dengan menggunakan beberapa teknologi yaitu : PHP, MySQL, dan J2ME.
Secara garis besar, arsitektur aplikasi yang akan dibangun dapat digambarkan sebagai berikut:
![Isi Pulsa Mobile Dengan Koneksi Soket](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJpW2Fa_Wdosf0oXCv1jMImCgRVjku74TJ9f-N2cCBAhUXPb12fY0Ws8oNuRZ3B2F1GFEvQHSH6M4dZpRbu6K0EKRIwiYcm8GXivH2hKug34dK1K0zWK9fQx7EuTKyBPFjP5id3dHCg7I/s400/Isi+Pulsa+Mobile.jpg)
- koneksi database
setelah terkoneksi ke database engine MySQL, perintah – perintah yang ada di MySQL dapat dijalankan secara remote / lokal dengan PHP.
- Fungsi Internal
Fungsi internal ini diantaranya meliputi fitur utama dari aplikasi pengisian pulsa mobile. yaitu : cek saldo, tambah saldo, transfer saldo antar akun, dan tentunya transaksi pembelian pulsa.
- Fungsi H2H (Host to Host)
Aplikasi ini dibangun dengan membeli stok pulsa dari 3rd party supplier yang menyediakan layanan host to host (h2h). Layanan h2h adalah layanan yang menawarkan transaksi pembelian pulsa melalui jaringan tcp/ip.
- Soket Servis & Koneksi Soket
Di sisi server, soket servis selalu standby menunggu client yang mengirimkan sejumlah paket data melalui koneksi soket. paket data tersebut kemudian akan di-parsing untuk menjalankan instruksi yang terkandung didalammya.
- User Interface
Pengguna dapat berinteraksi dengan graphical user interface yang ditampilkan pada layar perangkat mobile. Dengan begitu, semua kegiatan transaksi yang pada dasarnya dieksekusi di server seakan – akan dilakukan didalam ponsel.
Terms:
Angga Purwana, Socket Connection, HTTP Connection, Java ME, Pulse Refill, PHP, Midlet, Socket Server, Koneksi Soket, Isi Pulsa, MySQL, J2ME, Aplikasi Pengisian Pulsa Mobile
Comments