| Home | Facebook | Freeware |

Thursday, June 11, 2009

Solusi mengatasi Tindihan (Eureup Eureup)

Tindihan alias eureup eureup atau dalam bahasa inggris disebut juga dengan sleep paralysis adalah kondisi umum tubuh dengan ciri - ciri kelumpuhan sementara sebagian atau total dari otot rangka dan areflexia yang terjadi setelah bangun dari tidur atau tidak sepenuhnya terbangun ketika dalam keadaan tertidur [ref].

Saat pertama kali mengalami kejadian ini, saya merasa takut yang amat sangat ketika tubuh tidak bisa digerakkan ditambah dengan melihat citra - citra yang seharusnya tidak ada. Keringat pun banyak keluar di sekitar leher dan punduk setelah benar - benar bangun. Waktu itu saya tidak tahu menahu sedikitpun tentang hal seperti itu . itu terjadi ketika saya masih berumuran anak smp. Lama kelamaan, saya pun sudah mulai terbiasa seiring dengan informasi yang saya dapatkan tentang tindihan. Bahkan, saya suka bereksperimen agar bisa bangun tanpa harus merasa kelelahan jika terulang hal serupa.
sumber gambar: kompas.com



Ini yang saya lakukan ketika tindihan atau eureup eureup terjadi:
  1. Jangan ngotot! apalagi berusaha teriak. Karena itu akan sangat melelahkan! Tapi berusahalah menyamankan diri dan menempatkan REM kembali ke posisi tidur semula.
  2. Bernapas dengan sadar agar menenangkan diri
  3. Gerakkan beberapa bagian tubuh secara perlahan, seperti menggerakkan jari - jari kaki atau tangan.
  4. Tidur kembali (cara paling ampuh ^^)

Kesimpulan mengenai tindihan (versi saya) :
"Tindihan sebenarnya kondisi tubuh yang sedang tidur. Hanya saya pikiran telah tersadar lebih dulu tanpa memikirkan kesiapan dari sang tubuh. Tunggulah sejenak agar tubuh kita kembali kembali siap menjalankan aktivitas. Atau tidurkanlah lagi pikiran anda.."

"Apa yang kita lihat ketika sleep paralysis bukanlah gambar sebenarnya (dunia nyata). melainkan gambar yang ingin kita lihat kala terbangun+ mimpi. karena sebenarnya tubuh kita masih dalam kondisi istirahat."

sedikit tips:
Istirahatlah yang cukup. Jangan sering begadang!!!

-terimakasih, semoga bermanfaat-

12 comments:

reana said...

sepertinya definisi tindihan menurut kamu sangat ilmiah ya... seperti dalam wikipedia... ^_*

thx ada solusi juga yg kamu tawarin mudah2an bisa dicoba...^^

conclusion: ternyata aku tidak sendirian hehe

Eddy Purwanto said...

SALAM KENAL MAS ANGGA ....

eska said...

wah, thx juragan !
mangstabz!

unintended.web.id

Regy said...

thanx infonya.. udah dibaca full.. :)

Angga's pc said...

@reana: betul, teman2 saya juga banyak yg mengalaminya. walaupun frekuensinya kecil..

@Eddy: salam kenal juga mas Eddy

@eska: kembali :)

@Regy: sama - sama Regy, semoga bermanfaat..

indra said...

saya cuma punya satu peringatan (walaupun saya masih sering melakukan ini...): jangan tidur terlentang dan sepertinya itulah kenapa nabi Muhammad SAW tidurnya miring dengan posisi dada kiri ada di atas (mirip orang meninggal :D) sehingga jantung tidak terbebani dan sirkulasi darahpun menjadi lancar. CMIIW

catatanku said...

saya udah 3x kaya gitu..jadi penyebabnya emang karna kurang tidur atau sering begadang y..

Angga's pc said...

parah, ternyata tulisan saya ngawur ih. hehehe.. *imajinasi tingkat tinggi* :D

fajri wahyu said...

thanks banget mas bro, sempet berfikir itu ada kaitannya dengan hal Ghaib..hehehe

maksih banyak mabro,,

Dani Ramdani said...

Kalau ada laba-laba kaki ganjil itu gak ada hubungannya dong ya ?

Hade Hahade said...

Tnk

Hade Hahade said...

Sy sering skali mengenai hal sprt it..bhkn tdk trhtung..mgkin udh ratusan sy trkena trs soal tindihan..sy udh sngt ksel dn cpe.. Mgkin ad slh stunya dr hal sering tdr mlm(brgadan)/jg tdr d wktu sblm magrib(sareupna).. Smoga tipe dn saranya berguna dn brmnpaat..dan hal sprt it tdk kmbli mngganggu tdr sy...prgilh jauh2 sjauh mgkn dn jgn prnh dtng kmbli....tank atas solusinya... Smoga sy trlpas mengenai hal tindihan...(amin).