| Home | Facebook | Freeware |

Monday, October 19, 2009

Nessus

Nessus adalah tool scanner pencari kelemahan yang populer, gratis dan open source hingga tahun 2005 dan menghapus versi “registered feed” gratisnya di tahun 2008. Nessus masih merupakan scanner vulnerability terbaik pada sistem operasi UNIX dan terbaik pula diantara scanner yang berjalan pada Windows. Nessus selalu update dengan lebih dari 20000 plugin. Pada fitur penguncian terdapat pengecekan sekuritas secara remote dan lokal (terautentikasi), memiliki arsitektur client/server dengan GTK graphical interface, dan ada juga fitur bahasa scripting yang embedded untuk menuliskan plugin buatan sendiri atau memahami plugin yang sudah ada.

Homepage: http://www.nessus.org


Secara khusus, plugins vulnerabilities diproduksi dalam 24 jam dari rilis publik. Untuk melihat daftar plugin terbaru, kita dapat mengaksesnya melalui alamat url http://www.nessus.org/plugins/index.php?view=newest


ProfessionalFeed dan HomeFeed

Terdapat dua jenis lisensi feed yang memungkinkan untuk digunakan, yaitu Professional Feed dan Homefeed.

ProfessionalFeed

'ProfessionalFeed' dapat digunakan secara komersial. Layanan ini menawarkan update vulnerability yang cepat, customer support, audit policies, dan banyak lagi. Biaya yang dikeluarkan bergantung jumlah scanner yang digunakan, konsultasi atau layanan. Harganya bisa mencapai $1200 untuk satu tahun.

HomeFeed

'HomeFeed' adalah layanan gratis yang ditawarkan kepada pengguna rumahan (home users), namun tidak dapat digunakan secara professional.

Sekali scanner teregistrasi dengan feed diatas, program akan mengupdate dirinya setiap 24 jam atau kita bisa juga melakukan force update plugin secara manual.


0 comments: