| Home | Facebook | Freeware |

Tuesday, December 6, 2016

Kenangan Akhir Tahun : Aksi Damai 2 Desember

Aksi Damai 2 Desember terjadi pada 2 Desember 2016 di Jakarta, Indonesia di mana sedikitnya ribuan massa kembali menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. Aksi tersebut merupakan peristiwa penuntutan kedua terhadap Ahok pada tahun 2016 setelah unjuk rasa sebelumnya terjadi pada 4 November. Pada awalnya, aksi tersebut rencana diadakan pada 25 November, namun kemudian disepakati diadakan pada tanggal 2 Desember 2016.





Aksi ini dilaksanakan di halaman Monumen Nasional, Jakarta. Jumlah peserta hadir berkisar antara 200 ribu (klaim polisi) hingga jutaan (klaim penyelenggara). Dari bukti - bukti video yang tersebar di berbagai sosial media dan situs berbagi video melalui tangkapan kamera drone, dapat terlihat bahwa jumlah massa meluas hingga mamadati area Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Dalam aksi ini, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan adalah berdoa dan melakukan salat Jumat bersama. Presiden Joko Widodo hadir dalam acara ini dan disambut hangat oleh para peserta aksi.

--wiki

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada para peserta aksi damai 2 Desember karena sudah menjalankan aksi dengan penuh kedamaian. Hal ini disampaikannya usai menjalankan salat Jumat bersama peserta aksi damai 2 Desember di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016). "Terima kasih kepada para seluruh jemaah yang hadir dengan tertib, sehingga semua bisa berjalan dengan baik, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar," kata Jokowi menyapa para peserta aksi damai 2 Desember dan disambut takbir dari para peserta. Tak hanya itu, Presiden juga berpesan agar peserta aksi damai 2 Desember bisa pulang dengan selamat ke kampung halaman masing-masing. "Dan selamat kembali ke tempat asal masing-masing, terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," tutup Jokowi sambil meninggalkan lokasi salat berjemaah bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sementara itu, momen terbaik aksi damai 2 Desember sungguh menggugah, betapa lautan manusia berkumpul menggelar doa bersama dan salat Jumat berjamaah memutihkan sepanjang jalan Sudirman-Thamrin.

0 comments: