| Home | Facebook | Freeware |

Sunday, June 3, 2012

Jangan Lakukan Hal Ini di Facebook!

by Rachmatunisa @ detikinet
Jakarta - Ada hal-hal yang boleh dan sebaiknya tidak dilakukan dalam pergaulan sehari-hari. Demikian juga halnya bergaul di jejaring sosial seperti Facebook, etika yang berlaku di dunia nyata juga berlaku di dunia maya.

Berbagai tindakan seperti memposting barang dagangan di wallpost orang lain, kerap menulis update status kasar atau tidak senonoh misalnya adalah beberapa contoh tindakan menyebalkan di Facebook.

Bukan tak mungkin, perilaku menyebalkan seperti ini akan membuat Anda dijauhi teman-teman Facebook?

Jadi, perhatikan hal-hal berikut yang sebaiknya jangan dilakukan di Facebook seperti disarankan pengamat media sosial Katie Heaney dan diilustrasikan secara menarik oleh Chris Ritter seperti dilansir BuzzFeed, Jumat (1/6/2012).

Facebook

Aplikasi Facebook

Jejaring sosial

Sembarangan tag teman

Apapun yang dilakukan, Anda men-tag teman. Entah itu update status, foto atau video. Tidak masalah jika orang yang di-tag memang menyukainya, tapi bukan berarti semua hal bisa Anda bagi ke teman dengan men-tag mereka.

Jika teman menghapus tag di postingan Anda, artinya dia tak suka. Jangan mengganggu mereka dengan tagging lagi. Ini juga berlaku bagi yang menjajakan jualan di Facebook. Jangan sembarangan men-tag orang dengan foto-foto jualan, karena tak semua orang suka cara seperti itu.
Mengomentari teman yang baru 'putus'

Melihat teman yang baru putus cinta dengan update status 'Single' mungkin membuat Anda gatal berkomentar, entah itu bersimpati atau menjelek-jelekkan si mantan teman Anda. Apalagi jika si mantan teman memang terkenal kurang ajar. Tapi, tak perlu usil mengomentari.

Mereka yang baru putus cinta mungkin tak bermaksud 'pamer', dan mereka kemungkinan sedang tak ingin diganggu. Kalaupun bersimpati, lebih baik menyampaikannya melalui pesan langsung melalui message atau chat agar lebih personal.
Gonta-ganti status

Kebalikan dengan kasus putus cinta yang sebelumnya dibahas, tipe Facebooker yang satu ini justru ingin 'pamer' dengan sering mengganti status. Hari ini 'Single', besok 'It’s Complicated', besok-besok 'Single', begitu seterusnya.

Kisah cinta Anda tak perlu diumbar kepada orang lain. Selain tak baik bagi citra Anda sendiri, teman Facebook pun akan terganggu melihat pergantian status hubungan asmara yang sering dilakukan.
Memposting jawaban kuis

Iseng mengikuti kuis berisi pertanyaan rahasia tentang diri Anda memang menarik. Tapi ketika jawaban tersebut melibatkan teman Facebook, dan otomatis terposting di wall post mereka, sebaiknya jangan dilakukan.

Orang yang menerima mungkin akan merasa tidak senang dengan jawaban tersebut. Meski hanya main-main, jawaban dari pertanyaan bisa saja membuat mereka malu atau memposisikan mereka pada kondisi yang tidak menyenangkan.
Mengundang semua orang main game

Jangan mengundang semua teman Facebook untuk bermain game dengan Anda. Ingat, tidak semua pengguna Facebook berminat bermain game. Coba jika Anda di posisi mereka, akan sangat menyebalkan melihat notifikasi dipenuhi undangan bermain game bukan?
Minta berteman lagi

Beberapa orang yang sebelumnya berteman dengan Anda, diketahui sudah memutuskan pertemanan atau istilahnya unfriend. Anda pun mengirimkan request pertemanan lagi kepada orang itu. Sebaiknya jangan dilakukan! Apalagi sampai memohon atau mengontaknya untuk minta berteman lagi.

Mungkin ada sejumlah hal menjadi pertimbangannya sebelum memutuskan pertemanan Facebook. Atau bisa jadi, Anda melakukan sejumlah hal menyebalkan yang dibahas sebelumnya dan dianggap mengganggu. Nah, ada lagi?

Sssst.., bocoran Iphone 5 nih! :D
10 Game andorid Favorit,
Yuk, main Zombie Terror di gadget iOS-mu..

1 comments:

Sunoto Agung Wibowo said...

Memang seharusnya begitu,Sob...aku sendiri juga gk bgtu senang seumpama di tag foto yang gk ada fotoku,!!!