| Home | Facebook | Freeware |

Friday, March 9, 2012

Otak Manusia Juga Bisa di-Overclock?

by Ahmad Luthfi @ Okezone.com

ROCKVILLE - GoFlow Startup berencana untuk mengembangkan dan mengkomersialkan perangkat do-it yourself (DIY) Transcranial Direct Stimulation (TDS) kit. Perangkat ini memungkinkan untuk meng-overclock otak manusia yang bisa digunakan dengan mudah di rumah.

Overclock merupakan istilah yang umumnya terkait dengan alat elektronik maupun perangkat keras komputer, yakni dengan memacu dan meningkatkan performa kinerjanya. Ilmuwan percaya, bahwa overclocking-pun dapat diterapkan terhadap otak manusia melalui perangkat TDS kit tersebut.

Bagaimana perangkat ini bekerja?

Otak Manusia

fungsi otak manusia

tentang otak manusia



Teknik ini bergantung pada pemberian arus searah ke otak manusia, seperti bagaimana CPU komputer mampu 'berlari cepat' dengan memberikan lebih banyak listrik kepada perangkat elektronik.

TDS kit ini mencakup beberapa elektroda yang dapat disematkan di area manapun pada otak yang ingin ditingkatkan. Dijelaskan bahwa, pemakaian secara konstan, dapat mengalirkan elektroda menembus neurons (sel saraf), menjadikannya untuk saling menguatkan koneksi, inilah yang disebut dengan 'synapses'. Demikian dilansir Softpedia, Jumat (9/3/2012).

Namun, pada titik tersebut, pendekatan teknik ini juga memberikan efek, seperti gangguan psikologis, termasuk rasa kecemasan dan depresi. Bahkan, beberapa doktor dipekerjakan untuk mengatasi gangguan motorik yang berkembang pada pasien stroke (serangan otak).

Sementara itu, teknik ini juga menimbulkan pertanyaan apakah adil bagi golongan anak-anak tertentu, khususnya yang memiliki ekonomi menengah ke bawah, mengingat perangkat TDS kit ini lebih mudah diakses untuk orang kaya. Dikabarkan, GoFlow TDS kit ini dibanderol mulai dari harga paling murah, yaitu USD99 atau sekira Rp900 ribu.

Banyak dari ahli Bioetika yang saat ini memperdebatkan apakah TDS harus digunakan. Beberapa orang tua justru tertarik terhadap perangkat TDS kit tersebut untuk mempromosikan pembelajaran dan pembentukan memori anak-anak mereka yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan nilai akademik mereka.


Salah satu keunggulan TDS kit dengan teknik rangsang otak ini, yaitu perangkat bekerja langsung pada neuron, tanpa melalui bahan kimia. Kemungkinan besar, dalam waktu beberapa tahun, para ilmuwan akan terus mengembangkan TDS kit untuk penggunaan aplikasi yang lebih luas. (tyo)

0 comments: