| Home | Facebook | Freeware |

Wednesday, March 10, 2010

Sejauh Mana Privasi Anda di Facebook?

Selain di notes, privacy setting juga dilakukan di status facebook kita alias wall message. Bagaimana caranya? silakan perhatikan dulu gambar berikut ini:nah, di samping kiri tombol "Share" untuk wall post ada sebuah ikon gembok yang bisa di-klik. Saat ikon tersebut di klik, akan muncul popup yang terdiri dari beberapa pilihan default sebagai berikut:

  1. Everyone, pilihan ini membolehkan siapa saja untuk melihat isi dari status facebook kita.
  2. Friends of Friends, kalo di bahasa Indonesia brarti temannya teman boleh lihat.
  3. Only Friends, cuman orang yang udah menjadi teman kita yang bisa lihat.
  4. Customize, cara ini bisa dibilang cara advance mengatur privasi di facebook. dengan memilih option ini maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Bagian Make this visible to digunakan untuk setting siapa saja yang boleh melihat status kita. ada dua jenis settingan baru disini, Only Me dan Specific People. Pada pilihan specific people, kita bisa menginputkan nama - nama teman yang diizinkan untuk membaca status. specific people juga memungkinkan kita memasukkan list kelompok teman lo,, jadi gak musti ngetik-in nama orang aja. Sedangkan pilihan Only Me..,, cuman tau sendiri lah.. so, for what kalo gitu!!??

Di bagian Hide this from, bisa diinputkan dengan nama - nama orang yang tidak berhak melihat status kita yang akan di-share.

Bagi saya, fitur ini sangat membantu sekali. Terkadang ada beberapa informasi yang cukup dilihat oleh sekelompok orang saja. Sayangnya fitur ini baru bisa digunakan melalui komputer, di ponsel, setahu saya belum bisa :( . Sebagian orang mungkin sudah merasa nyaman dengan status facebooknya yang menjadi konsumsi publik.
Bagaimana dengan anda?

---------------------------------

0 comments: