| Home | Facebook | Freeware |

Saturday, February 28, 2009

Google[dot]Com masuk rangking pertama alexa, Benarkah?

Ketika saya login ke akun GA dan ingin mempraktikkan fitur "adsense for domain" seperti kata hakimtea.com. Saya terhenti sejenak untuk menulis log lagi disini karena melihat Alexa Sparky yang sudah terinstall beberapa waktu lalu menunjukkan angka pertama. Terkejut? jelas terkejut sekali. Secara Yahoo dari dulu sudah lama menduduki peringkat teratas di situs Alexa milik perusahaan amazon.com ini.

Lihat grafik history dari google.com berikut:Menurut labnol, Google secara resmi melewati ranking Yahoo di hari ke-5 bulan Januari lalu. Kemudian terjadi empat kali pergantian ranking setelah kejadian yang sangat langka ini. Sedangkan menurut versi Compete Rankings, dia juga menjelaskan bahwa Google sebenarnya sudah menaklukkan Yahoo di tahun kemarin (2008).

Para pengguna google di Indonesia sepertinya belum banyak yang tahu bahwa Google sekarang sudah tidak berada di peringkat 2 lagi. Berbeda dengan para blogger selalu aktif mencari hal - hal baru (tidak seperti saya) mungkin sudah pada tahu ^_^. Hal ini mungkin dikarenakan google selalu me-redirect url google.com ke google.co.id untuk pengunjung dari Indonesia. Saya pun baru tahu hal ini karena Alexa Sparky a.k.a Alexa Toolbar untuk firefox kebetulan sudah terinstall sebelumnya dan secara tidak sengaja mengakses domain google.com .

artikel terkait:
http://www.labnol.org/internet/top-website-on-alexa-is-google/6928/
http://bloggerstop.net/2009/02/google-is-now-almost-first-on-alexa.html
http://www.prelovac.com/vladimir/alexa-new-ranking-change-google-on-the-move

3 comments:

ridwan said...

pengaruhnya utk blogger apa ya ?

Masciput said...

klo google sih saya yakin, la wong pertama kali kalo ngenet yang saya buka adalah google. O ya dulu bro pernah nanya "mas cip, slm kenal. mau tanya,Blogger Calendar Widget dengan biasa (hirarki) lebih cepet mana ngakses halamannya? pingin pake calendar tapi masih ragu"
jawaban saya : memang blog kalender widget membutuhkan java script tapi tidak terlalu berat, saya juga tidak menyukai blog yang terlalu banyak java scriptnya karena bikin lemot,dan saran saya jangan terlalu banyak memakai java script pada blog kita.

walaupun sedikit lebih berat, tampilan blog kalender widget lebih mudah dalam hal susunan arsip sehingga memudahkan dalam bernavigasi dalam sebuah blog

Maap baru bisa menyampaikan jawaban.

Angga's PC said...

@ridwan
pengaruh bagi saya sih jadi bisa nulis postingan tentang ini :). gimana yang lain?

@Masciput
betul mas, google bukan hanya biasa disebut "Trade Mark" saja. tapi udah menjadi kata kerja pengguna internet sehari - hari. Gooogling!!!

oh ya, gpp kok. terima kasih atas jawabannya. memang dengan widget calendar arsip blog di tampilan blog akan terlihat rapi. seperti di blognya mas :).